Sabtu, 29 April 2017

Info Objek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta,Sleman

Menurut Wikipedia Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Candi Prambanan ini yang terletak sekitar 17 km dari kota Yogyakarta, tepatnya di pinggiran jalan utama Jogja - Solo. Jika Sobat berkendaraan dari Solo ke arah Jogja atau sebaliknya Sobat pasti akan langsung melihat bangunan candi Prambanan dari pinggiran jalan. Candi Prambanan terdiri dari tiga candi Utama yaitu candi Wisnu,Brahma dan Shiwa nama dan candi tersebut melambangkan ajaran kepercayaan agama Hindu.


Candi Prambanan Jogja, Sleman


Candi Prambanan ini juga termaksud Warisan Dunia UNESCO, candi ini juga termaksud salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Bangunan candi ini terbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan bangunan Hindu pada umumnya.

Sejarah Candi Prambanan


Candi Prambanan Jogja, Sleman


Candi Prambanan terkenal dengan kisah legenda Roro Jonggrang candi ini dibangun pada abad ke 9 Masehi. Konon dahulu di Jawa Tengah terdapat dua kerajaan yaitu kerajaan Pengging dan kerajaan Baka. Kerajan Penggiang itu sendiri dipimpin oleh Perabu Damar Maya yang mumpunyai putra yang bernama Raden Bandung Bondowoso yang sangat sakti dan gagah perkasa. Sedangkan kerajaan Baka dipimpin oleh Raja yang Bernama Prabu Baka yang mempunyai putri cantik bernama Rara Jonggrang.

Untuk memperluas kekuasaan Prabu Baka berusaha menaklukan kerajaan Pengging, tetapi dalam serangan tersebut sang Prabu Baka terbunuh oleh Bandung Bondowonso dan akhirnya kerajan Baka diserang balik dan dapat dikuasai oleh pasukan yang dipimpin Raden Bandung Bondowoso tersebut. Pada saat pendudukan kerajaan Baka, Raden Bandung Bondowoso terpikat oleh kecantikan Rara Jonggrang dan ingin mempersuntingnya.

Rara Jonggrang menolak karna dia sendiri tidak mau menikah dengan orang yang telah membunuh ayah kandungnya dan merampas kekuasaan.
Setelah dibujuk rayu oleh Raden Bandung Bondowoso, Rara Jonggrang menyetujui lamarannya dengan satu syarat ia meminta dibangunkan seribu candi dalam satu malam. Dengan kesaktian Raden Bandung Bondowoso menerima syarat yang dikasih oleh Roro Jonggrang.

Raden Bandung Bondowoso pun mulai membangun candi yang dimintak oleh Rara Jonggrang dengan bantuan para mahluk halus. Dan waktu seketika Rara Jonggreng mendengar kabar bahwa seribu candi yang dibangun hampir selesai, sang putri pun berusaha bagai mana menggagalkannya.
Rara Jonggrang membangunkan para dayang istana untuk mulai menumbuk padi, ia juga memerintahakan gundukan jerami dibakar di sisi timur. Mengira bahwa pagi telah tiba, para makhluk halus lari ketakutan.
Akibatnya hanya 999 candi yang berhasil dibangun, setelah tahu bahwa semua itu adalah muslihat Rara Jonggrang, Raden Bandung Bondowoso marah sehingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu. Sang putri pun berubah menjadi arca terindah untuk menggenapi candi terahir.


Candi Prambanan Jogja, Sleman


Jalan Menuju Candi Prambanan

Alamat candi Pramabanan: JL. Raya Jogja-Solo Km 16, Prambanan Sleman, Yogyakarta 55571

Jika sobat menggunakan Bus naiklah juruasan bis Jogja-Solo atau rute yang lebih jauh tapi lewat Jogja dan Solo, Lalu sobat turun di depan loket masuk candi Prambanan.

Jika sobat membawak kendaran pribadi dari arah barat, selatan ataupun utara Jogja, misalnya Semarang, ambillah jalan ringroad dan melajulah ke arah timur Jogja. Setelah sobat menemui jalan Solo, maka luruslah sobat berjalan ke arah timur hingga sobat mendapati bangunan candi besar di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket masuk Candi Prambanan

Untuk wisatawan local Rp.35.000( dewasa), untuk anak-anak Rp.13.000.
Wisatawan asing adalah USD $ 18.
Candi Prambanan dibukak setiap hari dari mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Fasilitas umum Candi Pramban


  • Tempat Parkir

Untuk sobat yang membawa kendaraan pribadi jangan takut dan kawatir , Karena disekitar taman penglola Candi Prambanan telah menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaran beroda dua , beroda empat bahkan sekalian bus pun bisa.

  • Tempat Ibadah

Jika sobat ingin melaksanakan shalat, sobat langsung menuju masjid yang terletak di sebrang jalan candi Prambanan. Tempatnya tidak jauh karna letaknya disebrang jalan masuk kawasan candi Prambanan, masjidnya Besar dan Megah.

  • Penginapan

Jika sobat tiba dikawasan Candi Prambanan pada waktu sore hari atu malam hari dan menunggu esok pagi, sobat bisa menginap di hotel di sekitar candi Prambanan.

Demikian informasi tentang Objek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta, jika sobat menyukai artikel ini silahkan sobat like berikan komentar, sampai jumpa di artikel selanjutnya Trima kasih.



EmoticonEmoticon