Rabu, 10 Mei 2017

Sejarah dan Lokasi Candi Cetho Karanganya

Candi Cetho Karanganyar - merupakan salah satu situs peninggalan sejarah pada jaman dahulu, telah ditemukan lokasinya di lereng gunung Lawu yang memasuki wilayah Kabupaten Karanganyar. Lebih menariknya lagi bila mau berkunjung di Candi Cetho di sepanjang perjalanan akan melewati perkebunan teh yang nampak hijau namanya kebun teh Kemuningan.

Candi Cetho pada jaman dahulu kala  merupakan tempat ibadah umat Hindu hingga sampai saat ini masih digunakan oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar kawasan Candi Cetho. Maka dari itu ada peraturan yang harus dipatuhi para wisatawan yang hendak berwisata. Salah satunya yang menarik para wisatawan lokasi Candi ini berada di tempat atas hamparan kebun teh Kemuning.

Sejarah dan Lokasi Candi Cetho Karanganya
Jalansolo.com

Candi Cetho ini sendiri berada pada ketinggian sekitar 1.496 mdpl, ketika sobat berkunjung di objek wisata ini bukan hanya wisata sejarah budaya yang didapat bahkan kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan disekitar. Jika sobat belum pernah berkunjung ke Candi Cetho, berikut ini Sejarah dan Lokasi Candi Cetho Karanganyar.

Sejarah Candi Cetho Karanganyar

Berdasarkan penemuan Candi Cetho ini sebenarnya merupakan bangunan candi yang terdiri dari 14 teras yang terbentang dari barat ke timur (dari bawah ke atas) namun yang hanya tersisa 13 teras, dan sayangnya lagi setelah dilakukan pemugaran hanya 9 teras yang tersisa. Tentang keberadaan situs candi ini pertama kali oleh seorang belanda yang bernama Vlies di tahun 1842, selain itu juga para ahli purbakala juga telah mengadakan penelitian tentang Candi Cetho Karanganyar ini, yaitu A.J.Bennet Kempers, N.J. Krom, W.f. Sutterheim, K.C. Crucq, dan seorang Indonesia yang bernama Riboet Darmosoetopo. Lalu Candi Cetho Karanganyar digali pada sekitar tahun 1928, dari itulah diketahui bahwa candi ini dibangun pada masa akhir Majapahit di abad 15.

Pendapat para Ahli sebenarnya Candi Cetho Karanganyar ini dibangun jauh sebelum masa Majapahit, hal tersebut berdasarkan bukti dengan bahan dasar batu andesit dengan relief yang sangat sederhana sekali, sedangkan pada jaman Majapahit dibangun dengan bahan dasar batu bata merah dan memiliki relief yang jauh lebih detil.

Selain itu juga patung yang telah ditemukan sama sekali tidak mirip halnya wajah orang Jawa, melainkan lebih mirip dengan orang Sumatra atau orang Romawi maka menunjukkan bahwa Candi ini lebih tua dari Zaman Majapahit.

Lokasi Candi Cetho

Lokasi Candi Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar Letaknya cukup tinggi yaitu di ketinggian 1.4000 mdpl.
Semoga artikel ini  menjadi gambaran dan wawasan para wisatawan yang ingin berkunjung di Candi Cetho, trimakasih telah berkunjung di situs kami sekian dan terima kasih…


EmoticonEmoticon