Senin, 08 Mei 2017

Sejarah dan Lokasi Danau Towuti Terbesar di Sulawesi Selatan

Danau Towuti adalah danau yang terbesar di Sulawesi Selatan, danau Towuti sudah banyak dikenal oleh wisatawan dalam negri bahkan luar negri. Yang ditawarkan objek wisata danau ini dengan keindahan alam  deretnya perbukitan dipinggiar danau, air yang berwarna biru berlatar belakangkan perbukitan disertai gelombang air hembusan angin. Apabila sobat mengunjungi danau ini saat terjadinya matahari terbit atau terbenam begitu sangat mempesona.


Danau Towuti Terbesar di Sulawesi Selatan

Danau Towuti bukan hanya keindahan alamnya saja sebagai objek wisata!!, danau Towuti digunakan sebagai jalur penyebrangan yang menghubungkan Propinsi Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tenggara.

Di tengah tengah danau yang berada dengan ketinggian 293 meter, terdapat Pulau Loeha yang merupakan kebayakan habitat dari beberapa jenis fauna. Sumber air danau Towuti sendiri berasal dari beberapa mata air dan catchment area disekitarnya yang masuk kedalam danau melalui 26 sungai atau anak sungai.

Sejarah Singkat Danau Towuti

Menurut Wikipedia - danau Towuti ini sendiri merupakan salah satu danau purba di dunia dengan umur mencapai jutaan tahun. Asal mula danau Towuti ini terbentuk dari patahan (strike-slip fault) akibat aktivitas tektonik yang terjadi pada masa Pleosen. Umur danau ini diperkirakan sekitar 1-4 juta tahun yang lalu. Berdasarkan analisa endapan, danau Towuti merupakan danau tertua ke dua diantara empat danau lainnya yang membentuk system danau Malili (Towuti,Mahalone, Lontoa dan Masapi). Dengan keunikan danau beragam hayati yang sangat endemis membuat Danau Towuti dimasukkan dalam kategori Global Ecoregions.

Kondisi air Danau Towuti sangat terjaga kelestariannya hingga saat ini airnya sangat jernih sehingga bisa untuk berkaca, kondisi air danau Towuti sangat dalam kaya dengan kandungan besi tetapi minim kandungan oksigen oleh banyak peneliti dianggap memiliki kondisi yang sama dengan laut bumi pada masa Arhaean Eon sekitar 2,5 juta tahun yang silam.

Flora yang ada di danau Towuti ini merupakan jenis anggrek epifit di pepohonan dan pohon Macadamia hildebrandi tumbuhan pinang-pinang (Hydriastele).

Fauna yang berada di danau Towuti ini seperti spesies kepiting (Gecarcinucidae), spesies udang dan spesies ikan bersirip tajam, yang sangat dicari oleh masyarakat sekitar ikan Butini yang hidup di dasaran danu, ikan ini termaksud ikan hias yang diperdagangkan dengan harga yang pantastik.


Lokasi Danau Towuti

Danau yang mempunyai luas 56.000 hektar ini berjarak sekitar 620 km dari kota Makasar, Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan dengan rute Makasar – Parepare – Palopo – Masamba – Malili – Timampu – TWA – danau Towuti. Untuk kondisi jalan relative bagus bila ditempuh sekitar memakan waktu 12 jam.

Sekian dan terimakasih telah membaja artikel seputar tentang Sejarah dan Lokasi Danau Towuti Terbesar di Sulawesi Selatan
Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi semunya dan menjadi wawasan pengtahuan para pembaca.


EmoticonEmoticon