Kamis, 04 Mei 2017

Wisata Candi di Bali Jangan Lewatkan Saat Berada di Bali !!!

Candi Bali - Sebagian besar candi kebanyakan terletak di Pulau Jawa, sehingga sampai sekarang menjadi objek wisata yang diminati banyak pengunjung. Dari bentuk corak batu yang begitu unik dan tertata batu sehingga menjadi sebuah bentuk bangunan yang memikat rasa penasaran para wisatawan untuk langsung berkunjung di objek wisata tersebut.

Walaupun hanya sedikit candi yang terkenal di pulau Bali, namun sobat bisa mengunjungi beberapa candi yang sangat unik ini, bahkan beberapa merupakan candi Budha dan tempat ibadah pada masa agama yang pernah berjaya di Bali pada zaman dahulu kala. Rata-rata mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu, tidak heran sobat menemukan berbagi pura dan candi dengan usianya sudah berabad-abad tahun. Di bawah ini ringkasan Wisata Candi di Bali Jangan Lewatkan Saat Berada di Bali .

Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi


Candi Gunung Kawi ini merupakan  candi yang terletak didalam tanah sehingga membentuk seperti goa, candi ini juga sudah berdiri dari abad ke-11. Tempat candi ini berada di Tampaksiring berdekatan dengan Ubud Bali. Candi Gunung Kawi terdapat 10 candi dengan tinggi 7 meter yang telah diukir berbentuk menarik dan unik di tepi tebingan. Mulanya candi ini dibangun untuk Raja anak Wungsu dari Dinasti Udayana dan Ratu pilihannya.

Candi Goa Gajah

Candi Goa Gajah


Goa gajah ini sebenarnya berasal dari kata Lwa Gajah, nama tersebut diberi oleh lontar Negarakartaagama yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 136 masehi. Candi ini yang terletak di desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, yang kira-kira terletak dari Denpasar 27 km.

Goa gajah ini telah dibangun pada abad ke-11 Masehi, pada masa Raja Sri Astasura Ratna Bumi Banten yang berkuasa. Goa ini sebenarnya dibuat untuk pertapaan yang telah terbukti dengan adanya ceruk-ceruk di dalam goa. Di sekitar gua juga terdapat kolam pertitan dengan 7 patung widyadara-widyadari yang sedang memegang air suci.

Candi Budha Kalibukbuk

Candi Budha Kalibukbuk


Candi Kalibukbuk ini sebenarnya berasal dari nama sebuah desa Kalibukbuk tempat candi tersebut berada, di sebelah selatan persimpangan Lovina. Candi Budha Kalibukbuk kini berdiri dengan kokoh dan telah diresmikan Direktor Jendral untuk wisata candi ususnya di pulau Bali. Pertama candi ini ditemukan pada saat penduduk setempat menggali tanah untuk dijadikan kolam renang dibelakang Hotel Angsok pada tahun 1991, setelah kemudian dari itu pada tahun 1994 untuk kedua kalinya telah ditemukan benda serupa dikebun kelapa milik Anak Agung Sentanu saat akan menggali tanah untuk dijadikan sumur. Setelah candi ini ditemukan  dengan bahan pembangunan candi stupika dan material tanah liat.

Candi Tegallinggah

Candi Tegallinggah


Candi Tegallinggah terdiri dari beberapa gugusan candi yang dipahatkan pada dua sisi tebing sungai perkerisan. Salah satu candi yang berada ditempat yang berupa gapura yang telah runtuh di sisi tebing selatan yang bentuknya sangat unik dan ukiran gambar pada masa jaman dahulu kala. Di sebelah atas candi tersebut terdapat tiga lingga yang masing-masing mewakili tiga dewa utama Brahma, Wisnu, dan Tri Hita Karna. Di perkirakan candi ini dibangun pada abad ke-12 masehi.

Mungkin itu sedikit tentang sekilas Wisata Candi di Bali mungkin jadi wawasan pengtahuan sobat sebelum berkunjung ditempat wisata tersebut.





EmoticonEmoticon