Sabtu, 08 Juli 2017

Makanan Khas yang Terkenal dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Wonosobo


Mie Ongklok
Khas Wonosobo - Wonosobo adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah , Kabupaten Wonosobo sendiri berdekatan dengan Kabupaten Banjarnegara, Magelang dan Temanggung. Wonosobo termaksud kota yang terbilang sudah ramai, apalagi dijalan arah kretek sering terjadi kemacetan karena jalur tersebut jalur yang menghubungkan koata besar Jogja dan Semarang.

Kota Wonosobo yang sangat terkenal dengan wisata alamnya, terutama di daerah Negeri di atas awan dataran tinggi Dieng, disana banyak sekali wisata yang ditawarkan bagi pengunjung mulai dari telaga warna, Candi dan banyak lagi. Ternyata selain terkenal dengan objek wisatanya, Wonosobo juga terkenal dengan makanan khasnya, penasaran seperti apa yuk kita liat ulas dibawah ini.

Carica

Makanan Khas yang Terkenal dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Wonosobo
Foto : caricamutiaradieng.wordpress.com
Buah Carica ini hanya tumbuh di dataran tinggi antara 1500 mdpl sampai 30000 meter diatas permukaan laut, konon buah ini konon berasal dari pegunungan Andes di Amerika Serikat. Kebanyakan masyarakat Dieng mengolah buah ini sebagai minuman dan keripik. Jika sobat berkunjung ke wisata Wonosobo - Dieng dipinggiran jalan arah ke Dieng banyak warga yang menjual Carica yang sudah di olah menjadi minuman dan tentunya sebagi salah satu oleh - oleh Khas Wonosobo - Dieng.

Mie Ongklok

Makanan Khas yang Terkenal dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Wonosobo

Khas Wonosobo yang kedua ini adalah Mie Ongklok, makanan ini memiliki cita rasa yang lezat. Mie Ongklok terdapat di rumah makan di Wonosobo dan juga di pinggiran jalan Alun - alun tersdia jualan Mie Ongklok. Kuliner khas Wonosobo ini menjadi perima dona warga yang berkunjung ke Wonosobo serasa tidak ke Wonosobo bila tidak mencicipi Mie Ongklok. Sebenarnya kuliner ini di buat dari mie kuningan dan di campur dengan sayuran berupa kubis dan di campur kuah yang nikmat.

Tempe Kemul

Makanan Khas yang Terkenal dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Wonosobo
Foto: dapursaja.blogspot.com
Tempe Kemul salah satu makanan ringan khas wonosobo, banyak warga wonosobo pada pagi hari di sajikan tempe kemul ini sebagai sarapan pagi, tentunya tempe ini disantap pada waktu anget sangat nikmat dan diserati cabe. Tempe Kemul ini beda dengan tempe goreng yang berada di kota lain, tempe ini yang berwarna kuning saat dimakan terasa keriuk  - keriuk. Nah, mungkin itu yang membedakan tempe Wonosobo dengan tempe yang lain.

Nasi Megono

Makanan Khas yang Terkenal dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Wonosobo
Foto: mytrip123.com 
Nasi Megono salah satu makanan ringan yang bisa di dapatkan di Wonosobo, Nasi ini dibungkus dengan daun pisang dan disantap dengan Tempe Kemul rasanya sangat nikmat sekali. Tentunya nasi Megono ini sebagai makanan sarapan yang ringan apalagi dicampur dengan ikan trie semakin nikmat. Harga nasi megono ini juga sangat perastis dan irit dompet hee, bisa di dapat dengan harga seribu rupiah sudah terasa kenyang.

Teh Tambi

Makanan Khas yang Terkenal dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Wonosobo
Foto: sahabattehtambi.blogspot.co.id
Teh tambi yang dibuat dari pucuk daun teh yang berada di kebun teh tambi, yang diproses secara alami dan bertahun - tahun. Sehinga menjadi Teh yang sangat wangi , warna dan rasanya sangat berbeda dengan yang lainnya. Teh Tambi salah satu teh yang wajib di konsumsi sebagian warga Wonosobo karena teh ini sudah menjadi minuman khas tradisional sejak dulu.

Mungkin itu tadi pembahasan Makanan Khas yang Terkenal dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Wonosobo, tentunya semoga bermanfaat dan setidaknya kita tau oleh - oleh yang harus di bawak pulang ke kota lain contohnya saja Carica yang sangat terkenal sebagi oleh - oleh.

2 comments

nice artikel bisa di rekom nih pas main ke wonosobo

iya gans jangan lupa coba ya..


EmoticonEmoticon