Rabu, 25 Oktober 2017

Enam Bagian Gedhong dari Wisata Tamansari Jogjakarta

Marikitapiknik kali ini akan membahas seputar wisata Tamansari yang berada di Jogjakarta, dan beberapa gedhong yang terdiri disana. Tamansari dulunya adalah kebun istana Keraton Jogyakarta pada masa Hamengku Buwono I. Tamansari sendiri berisi gedung, kolam untuk pemandian, danau, jembatan gantung, lorong bawah air, dan pulau buatan. Pembangunan wisata tamansari Jogjakarta dipimpin Tumenggung Mangundipuro. Untuk pembiayaan nya ditanggung Tumenggung Prawirosentiko sebagai bupati Madiun. Dengan berjalannya waktu saat ini hampir separuh dari Tamansari berubah jadi perkampungan, yaitu kampung Ngadisuryan dan Segaran.

Meskipun demikian wisata tamansari Jogjakarta tetap memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Tamansari terdiri atas empat bagian. Pertama, disebut dengan Segaran karena berupa danau buatan. Saat ini menjadi kampung Taman. Kedua, bagian masih lengkap sampai sekarang. Ketiga, bagian ini sudah tidak ada, yaitu kolam Garjitawati. Kolam tersebut yang digunakan Sultan bersemedi dan untuk menghabiskan waktu dengan Permaisuri. Keempat, pulau buatan yang dikenal dengan Pulo Kinupeng.



Enam Bagian Gedhong dari Wisata Tamansari Jogjakarta


1.Gedhong Gapura Hageng

Gapura Hageng merupakan pintu gerbang utama sebagai taman untuk raja pada masanya. Tapi saat ini sudah tertutup dengan pemukiman warga sekitar yang tersisa hanya bagian timur pintu utama Gedhong Gapura Hageng.

2.Gedhong Lopak-lopak

Lopak – lopak ini merupakan bangunan yang terdapat di sebelah timur gerbang utama taman sari jogja yang terletak di tengah halaman yang berbentuk persegi 8. Pada tahun 2008 bangunan ini sudah tidak ada yang tersisa hanya deretan pot raksasa dan pintu.

3.Umbul Pasiraman

Umbul Pasirman mempunyai umbul yang bernama umbul muncul yang berbentuk air mancur seperti jamur , dulu kalanya tempat ini untuk mandi sultan, para istri dan anak – anak sultan.

4.Gedhong Temanten

Gedhong ini yang terletak di sebelah timur, bangunan ini dulu kalanya digunakan sebagai gedhong keamanan untuk bertugas, di sisi utara dulu kala terdapat hamparan rumput yang luas sekarang menjadi pemukiman warga.

5.Gedhong Gapuro Panggung

Dulu bangunan ini terdapat 4 patung Naga tetapi saat ini hanya tersisa dua dan sisia timur bangunan ini sekarang digunakan untuk akses taman sari Jogja.

6.Gedhong Sekawan

Gedhong ini terletak di sebelah timur, kenapa dinamakan Gedhong Sekawan karena bangunannya berjumlah 4 dengan bentuk yang sama.

Beberapa Gedhong Tamansari yang tersisa dapat dijadikan sebuah pembelajaran akan pentingnya untuk melestarikan dan menjaga bangunan yang memiliki nilai sejarah. Bangunan dari Tamansari cenderung kurang terawat. Hal ini dapat dilihat dari warnanya yang putih dan kusam. Namun meskipun begitu keindahan dari Tamansari masih tetap dapat dirasakan. Tamansari berada diantara perkampungan padat, jalan setapak yang sempit menjadikan sebuah tantangan tersendiri saat melaluinya.


Pemandangan pemukiman penduduk sekitar yang berundak salah satu pemandangan yang dapat dinikmati saat berada di sana. Berada di bangunan yang bersejarah memiliki nuansa sejuk dan indah. Salah satu arah masuk wisata tamansari Jogjakarta terdapat bangunan berbentuk lingkaran yang digunakan sebagai tempat ibadah yaitu masjid bagi warga Keraton. Bangunan masjidnya sangat unik karena bentuknya lingkaran dan terdiri atas dua lantai. Pintu masjid menyerupai jendela di setiap lantai. Di tengah lingkaran ada lima anak tangga untuk menuju ke lantai dua. Lima anak tangga tersebut melambangkan rukun Islam.

Di bawah tangga ada sumur gemuling digunakan untuk berwudhu. Namun, saat ini sumur tersebut ditutup karena khawatir dapat membahayakan bagi para pengunjung. Sebab bangunan sumur yang sudah tua, tembok yang menempel sudah banyak yang mengelupas. Disamping merupakan wisata sejarah, tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre wedding. Terdapat sisa bangunan untuk perjamuan makan sultan letaknya berdampingan dengan Tamansari dan lorong Laut Selatan. Bangunan ini letaknya paling tinggi dari bangunan lainnya. Jika naik ke atas akan terlihat kota Jogyakarta dengan sangat jelas. Nah, itulah wisata tamansari Jogjakarta yang dapat dikunjungi bersama keluarga tercinta.


EmoticonEmoticon