Selasa, 17 Oktober 2017

Inilah Bahaya Sering Makanan Kaleng Bagi Tubuh Kita

Marikitapiknik kali ini, kita akan membahas tentang bahaya makanan kaleng. Hal ini sebenarnya sudah lama sekali ingin saya bahas. Mengingat hal ini kurang menjadi perhatian bagi masyarakat sekarnag ini. Mari kita simak liputannya.

Makanan kaleng memang sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat. Namun kebanyakan mereka belum menyadari akan bahaya makanan kaleng itu sendiri. Apa sajakah bahaya dari memakan makanan kaelng ini? Ini dia liputannya.


Penjelasan Bahaya Makanan Kaleng

Inilah bahaya makanan kaleng yang bisa mengancam kita. Disadari atau tidak, gaya hidup orang orang masa kini telah memberikan banyak keuntungan sekaligus bahaya kapan saja bisa berdampak bagi kita. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan kita berbagai kemudahan dalam banyak hal.

Termasuk juga pada teknologi di bidang kuliner. dengan telah ditemukannya sebuah sistem pengalengan makanan. Tidak hanya akan bertahan tahan lama dan bisa terjaga bentuknya, tapi hal ini juga membuat kita bisa mencicipi berbagai makanan yang berasal dari berbagai negara. Bagaimanakah bahaya mengkonsumsi makanan kalengnya? ini dia pembahasannya:

Selain memberikan kemudahan bagi kita, namun hal itu juga telah memberikan hal negatif bagi kita. Karena kebanyakan makanan kaelng yang beredar di masyarakat sekarang ini banyak mengandung zat zat yang tidak baik untuk tubuh seperti tambahan gula buatan, pengawet, penguat rasa, hingga zat pewarna yang berlebihan saat proses pembuatan.


Selain itu, zat berbahaya makanan kaleng bisa juga berasal dari kalengnya itu sendiri. dimana sangat mungkin sekali bahwa, bahan  dari kaleng akan terserap ke dalam makanan. Seperti contoh : zat Bisphenol A yang biasa digunakan oleh pabrik sebagi pencegah karat pada kaleng serta untuk menjaga makanan tetap awet. Tentunya bila konsumsi makanan jangka panjang akan menyebabkan resiko terserang berbagai penyakit seperti:   diabetes, serangan jantungimpotensi, dan penyakit hati menjadi lebih besar. Demikianlah fakta hasil temuan yang membuktikan bahayanya makanan kaleng.

Berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini (Aashelm, dkk. 2015. Tinned Fruit Consumption and Mortality in Three Prospective Cohorts) oleh Cambridge University telah membuktikan temuan rekan-rekan mereka sebelumnya. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi satu kaleng sup  dalam jangka lima hari berturut-turut telah menunjukkan peningkatan kandungan bisphenol A (zat berbahaya di atas tadi) sebanyak 1200% dalam air kemihnya.

Kemudian Hasil penilitian di Jepang oleh Shinbo dkk yang dilakukan pada tahun 2012 (Dietary tin intake and association with canned food consumption in Japanese preschool children)telah membuktikan bahwa zak kimia dari kaleng itu sendiri yaitu zat kimia Sn (stannum) juga turut ikut mencemari makanan instant yang ada dalam kaleng. Kadar Sn yang terkandung di air kemih ditemukan lebih banyak di konsumer makanan kaleng dibanding non koksumer makanan kaleng.

Memang zat Sn ini dianggap tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan zat Bisphenol A tadi karena zat sn melewati dapat melewati saluran pencernaan dengan cepat dan tidak diserap oleh tubuh. Walaupun begitu, menurut WHO, zan sn ini tetap berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak jika melebihi 14 mg/kg berat badan pada setiap minggunya. Karena zat ini dapat menimbulkan beberapa masalah saluran pencernaan akut, seperti nyeri perut, distensi abdomen, dan muntah.

Cara Menyikapi Bahaya Makanan Kaleng

Makan dari itu ada beberapa hal yang perlu kita waspadai dari bahaya  makanan kaleng yang hendak kita konsumsi. Termasuk juga dalam hal mengecek tanggal kedaluarsanya. Karena kondisi kaleng yang sudah bocor atau rusak kerena sudah kedaluarsa bisa menyebabkan makanan terkontaminsi oleh kuman atau jamur yang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang bisa jadi penyakit yang berbahaya.
Nah mengingat tidak begitu baiknya dampak makanan kaleng dari tubuh kita, maka alangkah baiknya kita supaya selalu lebih memilih makan buatan sendiri yang lebih alamai sebagai menu makanan sehat.

Nah adapun jika anda masih merasa kesulitan untuk memmasak sendiri. Maka, anda bisa mengunjungi web kami yang berisi berbagai resep makanan sehat yang insha Allah bisa membantu kita untuk menyajikan berbagai makanan yang enak tapi sehat bagi keluarga kita. Dan dengan cara yang mudah dan simple juga pastinya.

Demikianlah artikel tentang bahaya makanan kaleng bisa saya berikan semoga info ini bisa menjadi referensi terbaru kita sehingga nantinya bisa bermafaat bagi kita semua amiin.


EmoticonEmoticon