Mengungkap Keindahan Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi Banten

Mengungkap Keindahan Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi Banten - Taman Nasional Ujung Kulon sering kita kenal sebagai tempat penangkaran Badak Jawa. Ujung Kulon yang berada di Provinsi Banten dulu termasuk kedalam Provinsi Jawa Barat yang dinamai Ujung Kulon. Karena letaknya yang berada di ujung Pulau Jawa di bagian barat.

Mengungkap Keindahan Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi Banten

Taman nasional ujung kulon ini mulai dikembangkan menjadi kawasan cagar alam semenjak tahun 1820-an, atau setelah munculnya gagasan-gagasan dari para sarjana di masa kolonial Hindia-Belanda yang datang ke Pulau Jawa untuk menciptakan sebuah kawasan konservasi alam di Ujung Kulon pulau jawa.

Sarjana yang sebagian besar adalah merupakan anggota dari Organization for Scientific Research in Netherlands Indies ini di antaranya adalah merupakan para ahli botani, satwa, geografi, oceanografi, dan geologi.

Oleh karenanya, penemuan kawasan taman Nasional Ujung Kulon ini merupakan lahan emas bagi pengembangan sains mereka.

Setelah terbentuknya negara Republik Indonesia (RI) di tahun 1945, maka kawasan Ujung Kulon yang dulunya sempat terbengkalai mulai diperhatikan lagi oleh pemerintah RI. Pada tahun 1958 pemerintah RI Secara resmi mengumumkan kawasan ini sebagai salah satu kawasan cagar alam, meskipun belum digarap dengan serius.

Kementerian Kehutanan mengupayakan dengan mengusulkan ke UNESCO supaya area taman nasional Ujung Kulon dijadikan sebagai world heritage site pada kategori hutan yang memiliki curah hujan tinggi di dataran yang rendah terluas di di pulau Jawa.

Maka Akhirnya, pada tahun 1992 Taman Nasional Ujung Kulon secara resmi, diresmikan sebagai sebuah situs cagar alam dunia oleh UNESCO. dan Kini, taman nasional ini berada di bawah pengelolaan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.

Ada banyak tempat yang memiliki ke indahan alam yang menpesona di taman Nasional Ujung Kulon salah satunya adalah.

! Karang Ranjang

Yang memiliki pasir yang putih bersih identik pantai yang ada di taman Nasional Ujung Kulon. Di pantai ini Anda bisa melihat sunset yang menawan saat di sore hari, selain melihat habitat asli badak jawa tempat ini bisa menjadi pilihan utama untuk Anda kunjungi.

!! Curuk Cikacang

Biasanya banyak digunakan untuk penelitian, sebab di tempat ini terdapat hutan primer dan juga hutan sekunder. Selain itu juga tempat ini menjadi tempat habitat asli Owa Jawa, Berbagai kekayan flora dan fauna banyak terdapat di tempat ini.

!!! Pulau Peucang

Pulau ini menjadi salah satu pulau yang memilki fasilitas yang cukup lengkap untuk para wisatawan yang sedang berkunjung, di tempat ini Anda akan menemukan alam pantai yang begitu menakjubkan.

Selain wisata pantainya tempat ini juga menyediakan tempat untuk para wisatawan yang ingin melakukan snorkeling dan juga diving bisa di lakukan di tempat ini. Sebelah utara pulau Peucang anda bisa menikmati juga keindahan gugusan karang yang disebut juga karang copong.

Berwisata ke Taman Nasional ujung kulon bisa menjadi tempat alternatif para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan dari hingar bingar kota jakarta sekitarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel