Minggu, 15 Oktober 2017

Ragam Makanan Khas Bengkulu yang Sangat Lezat

Ada beragam makanan khas Bengkulu yang bisa anda cicipi, sebagai kuliner dengan citarasa unik dan lezat dengan corak khasnya. Menariknya, corak yang terbentuk di kuliner itulah yang membentuknya menjadi makanan khas bagi suatu daerah. Dan pada akhirnya suatu daerah dapat dikenal karena kulinernya tersebut. Berikut ini ialah makanan khas di Provinsi Bengkulu, yang mungkin masih jarang anda dengar, dan dapat jadi pilihan anda ketika berwisata kuliner disana.

Pendap


Pendap ialah salah satu makanan khas yang popular dan dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Bengkulu. Pendap terbuat dari berbagai macam rempah dan bumbu-bumbu, seperti bawang putih, kencur, serta cabai giling. Kemudian, bumbu tersebut dicampur secara merata dengan kelapa muda yang diparut. Parutan kelapa muda itu dibalurkan ke potongan ikan, lalu dibungkus dengan daun talas, kemudian direbus selama kurang lebih 8 jam lamanya. Dengan bumbu yang lumayan banyak itu, didapatlah dominan rasa Pendap yang pedas dan gurih. Makanan ini sangat tepat jika disandingkan sebagai lauk dari nasi hangat.

Gulai Kemba’ang

resepmasakanindonesiaku.info

Adapun makanan tradisional lainnya dari Bengkulu ialah gulai kemba’ang. Jenis masakan yang satu ini terkenal berasal dari wilayah Kabupaten Mukomuko, konon cerita gulai kemba’ang berasal dari Mukomuko. Gulai kemba’ang berbahan dasar iga sapi dan racikan bumbu yang juga beragam, dan rasanya gurih. Salah satu makanan khas Bengkulu ini, adalah merupakan makanan spesial yang sering dibuat ketika bulan puasa ataupun hari raya Idul Fitri. Karena masakan ini memamg sangat tepat disantap pada waktu buka puasa atau ketika sahur serta dapat menambah nafsu makan ketika menyantapnya.

Lema

azzamaviero.com
Lema ialah makanan yang terbuat melalui proses fermentasi, oleh sebab itu lema memiliki kadar keasaman serta aroma yang menyengat. Di Bengkulu sendiri, lema hanya dikenal akrab sebagai makanan khas masyarakat suku Rejang. Lema ialah makanan berbahan dasar rebung (tunas bambu muda) yang dicincang dan kemudian dicampur ikan air tawar. Selanjutnya campuran tersebut disimpan dalam wadah yang telah dilapisi oleh daun pisang dan ditutup rapat sampai dengan minimal tiga hari untuk proses fermentasi. Lema bukan hanya dikenal oleh masyarakat Rejang saja, bahkan saat ini lema juga telah digunakan sebagai makanan pengganti serta menjadi makanan favorit yang secara internasional telah dieksport ke Jepang, dalam bentuk makanan kaleng. Belum banyak yang tahu memang.

KueTat



Kue tat ini tidaklah sama dengan kue tart yang sering anda lihat pada saat perayaan ulang tahun atau acara perayaan lainnya, karena memang jenis dua kue tersebut berbeda. Kue Tat berbahan dasar memang hampir sama dengan Tart, yakni terdiri dari tepung gandum, gula pasir, telur dan mentega. Tetapi menariknya, untuk pembuatannya haruslah oleh orang yang sudah berpengalaman, dengan arti pembuatannya cukup rumit karena adonan dari bahan campuran kue tersebut memiliki takaran khusus. Untuk pembuatan kue ini pun biasanya ada dua jenis ukuran, yaitu yang besar dan kecil.Yang ukurannya besar akan dibentuk segi empat dan bagian atasnya akan dihiasi oleh parutan nenas atau kelapa yang dicampur gula merah dengan maksud mempercantik penampilan serta menambah citarasanya yang nikmat. Konon, dulunya kue ini ialah makanan favorit para raja Bengkulu di zamannya.

Itulah beberapa makanan khas Bengkulu yang bisa anda nikmati kelezatannya. Sebagian besar mungkin belum pernah anda cicipi, dan terdengar asing ditelinga anda. Namun, makanan-makanan tersebut sungguh tidak diragukan lagi kelezatan rasanya.


EmoticonEmoticon