Jumat, 24 November 2017

Museum Pusaka Nias Tempat Belajar dan Berekreasi Sumatera Utara

Museum adalah salah satu tempat penyimpan benda – benda bersejarah yang dahulu kalanya digunakan masyarakat jaman dahulu atau benda  perjuangan pahlawan Indonesia, yang disimpan dan penglompokan di sebuah gedung untuk tempat belajar dan berekreasi mengneal peninggalan jaman dahulu kala. Adanya sebuah Museum benda – benda yang memiliki nilai sejarah akan terkenang dan sebagai dunia pembelajaran.

Salah satunya Museum Indonesia yang memiliki nilai sejarah adalah Museum Pusaka Nias, yang didirikan oleh Yayasan Pusaka Nias pada tahun 1995, yang memiliki luas dua hektar. Museum Pusaka memiliki 6.000 lebih benda – benda bersejarah suku Nias, yang meliputi alat musik tradisional, benda pusaka, perhiasan, alat rumah tangga, dan patung – patung. Museum ini buakan hanaya melihat benda bersejarah saja dengan konsep yang teduh terdapat jenis tanaman bunga dan pohon langka, di samping itu juaga terdapat fasilitas puluhan satwa lokal yang di pelihara.

Museum Pusaka Nias Tempat Belajar dan Berekreasi Sumatera Utara
Sanggar budaya mempertunjukan di depan pavilion museum : img.museum-nias.org

Sejarah Singkat Museum Pusaka Nias 

Pada tahun 1972 seorang yang bernama Missionaris Gereja Katolik, Pastor Johannes M. Hammeris, mulai mengkoleksi benda – benda bersejarah budaya Nias. Setelah sekian lama benda tersebut terkumpul lama kebanyakan dan mencatat nama dan kegunaan benda tersebut. Dari koleksi benda-benda tersebut karena semakin banyak Pastor Johannes menngusulkan kepada Missionaris untuk membangun Museum Pusaka Nias. Setelah yayasan pusaka Nias berdiri, mengajukan hubungan kerja dengan Drektorat Permusiuman, melalui SK Bupati Nias dikeluarkan pada nomor 646.1/626/SK/1992.


Tempat dan Harga Tiket masuk

Lokasi Museum ini terdapat di Jln Yos Sudaro 134A , Gunung Sitoli, Nias Sumatra Utara. Museum ini digunakan untuk wadah melestarikan nilai-nilai budaya Nias. Untuk harga tiket masuk ke Museum ini pada hari libur Rp5.000 pada hari biasa Rp4.000, untuk tarif anak – anak sekitar lebih kurang Rp2.000. Untuk harga tiket wisatawan mancanegara rata – rata Rp20.000.


Tempat Belajar dan Berekeasi

Berbeda dengan Museum yang lainnya di tempat ini para penggunjung dapat menikmati wahana permainan yang disediakan di tempat kapasitas kecil dan berbeda dengan satu lokasi. Tidak jauh dari Museum terdapat pantai dan pasilitas pendukung lainnya seperti kantin, pondok dan kamar mandi. Sobat juga bisa membaca koleksi ratusan buku tentang kebudayan Nias, masyarakat umum, pelajaran mahasiswa dan buku yang lainnya.

Museum Pusaka Nias Tempat Belajar dan Berekreasi Sumatera Utara
Add captionpatung leluhur (Adu Zatua), perhiasan bangsawan dan gendang untuk upacara : img.museum-nias.org
Museum Pusaka Nias Tempat Belajar dan Berekreasi Sumatera Utara
Selama Pastor Johannes bekerja dengan masyarakat di Nias dia mampu mengumpulkan banyak artefak Nias : img.museum-nias.org
Museum Pusaka Nias Tempat Belajar dan Berekreasi Sumatera Utara
afterfak koleksi yang rusak pada akibat gempa 2005, sekarang koleksi tersebut disimpan dengan benar dan lindung : img.museum-nias.org
Jam Bukak :
Senin - Jum,at 08.00 to 17:00
Sabtu   08:00 to 16:00
Minggu 12:30 to 17:30

Untuk lebih jelasnya kunjungi situs resmi Museum Pusaka Nias www.museum-nias.org



EmoticonEmoticon