Kamis, 23 November 2017

Wisata Taman Nasional Komodo Memiliki Nuansa Indah

Pada kesempatan kali ini kita akan berjalan – jalan mengeni taman Komodo, pada mulalanya taman ini sebenarnya sebagai tempat untuk melindungi komodo, namun dengan seiringnya waktu dan berkembang lebih luas, tempat ini sekaligus tempat objek wisata yang direkomendasikan.

Menurut Wikipedia taman nasional ini pada tahun 1980 didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya, dikawasan tersebut terdapat 227 spesies hewan yang berasal dari Asia dan Australia. Selain itu dikawasan ini juga terdapat terumbu karang yang terdapat 253 spesies karang berserta ikannya 1.000 spesies. Asli mulanya pulau ini adalah pulau vulkanis, jumlah penduduk di pulau ini kurang lebih 4.000 jiwa. Taman Komodo ini memilliki luas sekitar 173.300 ha yang meliputi daratan dan lautan berserta pulau utama yaitu Pulau Komodo,Pulau Padar, Pulau Rinca, Gili Montag dan pulau – pulau kecil lainnya.

Wisata Taman Nasional Komodo Memiliki Nuansa Indah
Img.rappler.com


Lokasi Taman Nasional Komodo

Lokasi taman Komodo ini bertempatan di Pulau Sumbawa dan Pulau Flores Indonesia bagian timur, lebih tepatnya berada di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara timur. Pada tanggal 6 Maret 1980 kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo. Pulau ini juga telah di akuai oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991.

Sejarah Singkat Pulau Komodo

Pulau ini lebih dikenal dengan istilah Komodo Dragon, yang dikenal mulai dari kalangan biologist dunia pada tahun 19911. Penemuan satwa ini dari Perwira Pemerinah Hindia Belanda J.K.H. Van Steyn, dari penemuan tersebut munculan kesadaran pihak untuk menjaga kelestarian satwa ini.

Wisata Taman Nasional Komodo Memiliki Nuansa Indah
Img.rappler.com
Wisata Taman Nasional Komodo Memiliki Nuansa Indah
Img.ngebolang.com
Wisata Taman Nasional Komodo Memiliki Nuansa Indah
Img.mypermatawisata.com

Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna

Potensi Flora 
Flora di tempat ini  terdapat padang rumput dan hutan Savana yang kira – kira luas mencapai kurang lebih 70 % dari luas pulau Komodo, terdapat juga berbagai jenis rumput Setaria adhaerens, Chloris barbata dan jenis lainnya. Kawasan ini juga terdapat hutan tropis musim dengan berbagai jenis tumbuhan seperti kesambi, asem dan kepuh.

Potensi Fauna
Komodo (Varanus komodoensis) hewan ini hidup di berbagai pulau kecil yang terdapat di Indonesia. Komodo adalah hewan yang memakan daging, seperti ikan, cicak, dan burung, Komodo juga bisa menggunakan lidahnya untuk menciyum bau hingga jarak 5 km.
 Selain Komodo terdapat juga mamalia lainnya seperti Rusa, Anjing hutan, Babi hutan, Monyet ekor Panjang, kerbau liar, musang dan kalong buah. Pulau ini juga terdapat burung yaitu, burung gosong, kakaktua jambul kuning, perkutut, tekukur, dan pargam hijau.


Harga tiket pulau Komodo

Untuk sobat yang ingin masuk di kawasan Taman Nasional Komodo ini, hanya membayar sebesar Rp.90 ribu per orang, masih harga terjangkau karena biaya tersebut sudah termasuk mask ke Pulau Rinca dan Pulau Tadar.
Sekian dari pembahasan tentang Wisata Taman Nasional Komodo Memiliki Nuansa Indah, semoga menjadi wawasan dan pertimbangan sobat untuk berlibur di kawasan Taman Komodo tersebut trimakasih..


EmoticonEmoticon