Rabu, 24 Januari 2018

Wisata Semarang Candi Gedong Songo + Harga Tiket Masuk, Peta Lokasi

Wisata Semarang Candi Gedong Songo - Wisata semarang Candi Gedong Songo terdapat di lereng Gunung Ungaran, pada koordinat 110°20’27” BT serta 07°14’3” LS di desa Darum, Kel Candi, Kec Bandungan, Kab Semarang, Jawa Tengah. Gedong Songo datang dari bhs Jawa, Gedong (rumah/bangunan) serta Songo (sembilan) yang bermakna Sembilan (Grup) Bangunan. Apakah mulai sejak awal candi ini ada sembilan? Ataukah miliki makna lain? entahlah.

Pada th. 1916, Pemerintah Belanda dengan cara resmi mulai laksanakan analisis di komplek candi yang diserahkan pekerjaan pada waktu itu yaitu oleh Dinas Purbakala Belanda. Pada th. 1928-1929, dilaksanakan pemugaran candi  pada Gedong 1. Di th. 1930-1932 dilaksanakan pemugaran pada candi Gedong 2. Pemerintah Indonesia mengawali pemugaran pada th. 1977-1983, yang dipugar pada pada komplek candi gedong 3, 4 serta 5. Pada pas itu yang laksanakan pekerjaan pemugaran yaitu SPSP, pada sekarang ini namanya beralih jadi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala. Pada th. 2009 Pemerintah Indonesia mulai laksanakan pemetaan lagi seluruhnya komplek candi Gedong Songo.

Wisata Semarang Candi Gedong Songo + Harga Tiket Masuk, Peta Lokasi

Komplek Candi Gedong Songo sendiri di dapatkan oleh Loten, pada th. 1740. Pada saat kemudian, Rafles mulai mencatatnya dengan berikan nama gedong pitoe (tujuh) lantaran cuma menemukannya 7 grup candi di sekitaran th. 1804. akan tetapi baru pada th. 1925, Van Braam bikin publikasi ada candi di seputar perbukitan Ungaran. Lantas Friederich serta Hopermans menulis mengenai Gedong Songo, serta Van Stein Calefells laksanakan analisis di seputar Komplek Candi Gedong Songo pada th. 1908. Seputar th. 1911-1912 Knebel laksanakan inventarisasi seluruhnya komplek candi Gedong Songo.

Arca-Arca di komplek Candi Gedong Songo yang di buat pada era ke 8 Masehi tak akan komplit. Arca-arca yang di temui cuma sebagian yang tersisa, seperti candi Durga atau Istri Siwa , candi Ghanesa atau Anak Siwa , candi Agastya sang Resi Dan dua pengawal dewa Siwa yakni Nandiswara serta Mahakala yang bertugas melindungi pintu candi.
Wisata Semarang Candi Gedong Songo + Harga Tiket Masuk, Peta Lokasi
Img. travelinghematnusantara.wordpress.com
Tempat 9 candi yang menyebar di lereng Gunung Ungaran ini miliki panorama alam yang sangat indah dan termasuk tempat wisata semarang yang cukup populer. Di sekitar tempat itu juga ada hutan pinus lebat yang teratur rapi dan juga mata air yang memiliki kandungan belerang. Kabut yang sangat tebal turun dari atas gunung kerap kali menyebabkan mata sangat sulit melihat Candi Gedongsongo dari terlalu jauh. Candi ini miliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng yang berada di daerah Wonosobo. Candi ini terletak di sekitar ketinggian 1. 200 m diatas permukaan laut makanya sangat jarang untuk wisata semarang yang memiliki suhu hawa udara cukup dingin seperti halnya di tempat ini

Rute Menuju Lokasi Candi Gedong Songo

Untuk menuju ke Candi Gedong I, kita mesti jalan sejauh 200 mtr.melewati jalan setapak terjal. Anda dapat gunakan layanan transportasi kuda untuk berwisata melingkari object wisata Candi Gedongsongo. Th. 1740, Loten menemukannya kompleks Candi Gedong Songo. Th. 1804, Raffles menamai kompleks itu dengan nama Gedong Pitoe lantaran cuma diketemukan tujuh kelompok bangunan. saat itu Van Braam mempublikasi sekitar th. 1925, Friederich dan juga Hoopermans membuat sebuah tulisan mengenai Gedong Songo pada th. 1865. Th. 1908 Van Stein Callenfels laksanakan analisis terhadapt kompleks candi serta Knebel laksanakan pencatatan ulang pada th. 1910-1911.

Disela-sela pada Candi Gedong III dengan Gedong IV ada suatu kepunden gunung juga sebagai sumber air panas dengan kandungan belerang sangat tinggi sekali. biasanya wisatawan mandi serta menghangatkan badan disebuah pemandian yang di bangun di dekat kepunden tersebut. udaranya memiliki bau belerang yang cukup kuat serta kepulan asapnya lumayan tidak tipis saat mendekati sumber air panas itu. Pengelola Candi Gedong songo sudah mempersiapkan tempat untuk petualang yang nikmati air hangat serta uap panas yang konon bisa mengobati penyakit kulit. Cuma berjarak seputar 100 mtr. ke bawah, dengan jalanan yang gampang dilewati jadi petualang dapat nikmati segarnya uap panas yang menyehatkan.

Untuk Harga Tiket Masuk Rp.7000 Per Orang

Peta Lokasi


Demikian pembahasan tentang salah satu tempat wisata yang bertemakan alam yang bisa menjadi referensi untuk sejenak melupakan kepenatan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun berada di wilayah bandungan, tempat ini masih berada dan masuk ke dalam kelompok wisata semarang yang layak untuk diperhatikan.


EmoticonEmoticon