Sabtu, 21 April 2018

5 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi Di Tahun 2018

Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi - Jogja selain terkenal sebagai Kota Pendidikan juga terkenal sebagai kota surga wisata, ada banyak sekali tempat wisata di jogja mulai dari wisata alam, kuliner, budaya dan masih banyak lainnya.

Siapapun yang pernah datang ke Jogja pasti akan merasa rindu dan ingin kembali ke Jogja, banyak yang rindu karena suasananya yang tenang, masyarakatnya yang ramah, dan tentunya karena tempat wisatanya yang keren dan hits abis.

Pokoknya Kota jogja bisa dibilang menjadi tempat impian bagi banyak orang untuk berlibur disana atau malah mungkin ingin tinggal disana selamanya.

5 Tempat Wisata Di Jogja Paling Hits Dan Populer Yang Wajib Dikunjungi Tahun 2018


Apakah sobat sedang merencanakan untuk liburan ke Jogja di tahun 2018 ini? Mungkin dengan teman, keluarga atau pasangan.

Nah pada artikel ini saya akan memberikan daftar rekomendasi lima tempat wisata yang keren pastinya di Jogja yang harus sobat kunjungi ketika berkunjung nanti.

Ya bisa dibilang sobat belum ke Jogja kalau belum pergi ke salah satu dari lima tempat ini deh...

Nah berikut ini daftarnya...

Baca juga : Keindahan pagar Alam, tempat Wisata terindah di Sumatra Selatan

1. Candi Prambanan Atau Candi Roro Jonggrang

Salah satu objek wisata yang wajib sobat kunjungi saat liburan ke Jogja adalah Candi Prambanan

Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tempat wisata yang satu ini bukan? Bahkan mungkin sejak SD sudah tahu dari pelajaran sejarah.

Nah karena eksistensinya yang luar biasa inilah sobat wajib mengunjunginya ketika liburan ke Jogja, selain itu Candi Prambanan ini juga memiliki banyak sekali keunikan lainnya loh mau tau? 

Yang pertama nama Candi Prambanan ini diambil dari nama Desa tempat candi ini berdiri, sedangkan nama lainnya yaitu Candi Roro Jonggrang berasal dari legenda berdirinya candi ini. Pasti sobat sudah pernah mendengar kan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso? Nah nama lain candi ini diambil dari cerita legenda mereka.

Yang kedua letak candi ini sangatlah unik, jadi Candi Prambanan berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta. Nah yang paling unik adalah lokasi Candi Prambanan ini berada di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta tapi pintu masuknya justru berada di Desa Tlogo, Prambanan, Klaten yang masuk ke Provinsi Jawa Tengah.

Sejak tahun 1991 Candi Prambanan sudah dikukuhkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, candi ini merupakan kompleks candi terbesar di Indonesia dan salah satu yang paling indah di Asia Tenggara bahkan di Dunia.

Selain menambah wawasan sejarah dengan berkunjung ke Candi Prambanan sobat juga akan disuguhkan dengan arsitektur candi yang luar biasa megah dengan berbagai relief yang mengagumkan. Kondisi alam sekitar yang masih hijau alami juga akan memanjakan mata anda. Pokoknya liburan anda akan sangat memuaskan deh, dan bahkan mungkin sobat akan rindu untuk berkunjung kembali suatu saat.

Ada banyak sekali yang bisa sobat lakukan disana seperti hunting foto, berkeliling kompleks candi dengan sepeda, berkunjung ke museum Prambanan, berburu oleh-oleh, dan melihat pertunjukan tari.

Akses dan penginapan disekitar Candi Prambaban juga tidak susah, jadi pokoknya sobat akan benar-benar dimanjakan wisata ke sana.
Salah satu foto keindahan candi Prambanan, indahnya suasana sunset disana
Salah Satu Potret Keindahan Candi Prambanan


2. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro sudah sangat terkenal dan wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja

Salah satu tempat wisata di Jogja yang saya yakin pasti sudah dikenal oleh semua orang yaitu Jalan Malioboro. Walaupun hanya sebuah jalan namun Malioboro memiliki banyak sekali keunikan. Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan di sana dan juga ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi disana.

Beberapa objek menarik yang bisa sobat kunjungi saat di Jalan Malioboro adalah Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Bringharjo, Benteng Vredeburg. Dengan banyaknya opsi tersebut sobat bisa menghabiskan waktu satu hari untuk mengunjungi semua temlat tersebut.

Nah selain berkunjung ke tempat yang sudah saya tulis diatas ada beberapa hal yang pastinya sobat wajib ketahui saat berwisata ke Jalan Malioboro...

Yang pertama disepanjang Jalan Malioboro ini banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan tangan khas Jogjakarta laku ada juga warung-warung lesehan di malam hari yang menjual berbagai macam masakan khas Jogja salah satunya adalah gudeg.

Layaknya diluar negeri, di sepanjang Jalan Malioboro juga banyak sekali para seniman jalanan yang menampilkan kemampuan mereka. Mulai dari bermain musik, menari, dan banyak lainnya.

Walaupun banyak pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Malioboro namun jauh dari kesan macet atau semrawut, ini karena trotoar untuk pejalan kaki dan tempat untuk parkir kendaraan ditata dengan rapih.

Pokoknya dengan berkunjung ke Jalan Malioboro ini sobat akan mendapatkan banyak hal, bisa hunting foto, berwisata sejarah, berbelanja oleh-oleh dan menikmati suasana malam di Jogja yang katanya sangat asri dan meneyejukkan hati.
Salah satu hal yang ditawarkan saat berwisata ke Jalan Malioboro adalah menikmati suasana malam disana
Suasana Malam Jalan Malioboro


3. Kompleks Situs Ratu Baka

Ada banyak candi di Jogja dan salah satu yang wajib dikunjungi di tahun 2018 adalah kompleks Situs Ratu Baka

Jogja memiliki beberapa objek wisata candi yang memang sudah terkenal keindahannya dan juga terjaga keasliannya. Nah selain Candi Prambanan saya juga merekomendasikan kompleks Situs Ratu Baka untuk sobat kunjungi.

Candi ini tenyata juga masih memiliki kaitan dengan Candi Prambanan, jadi Ratu Baka ini adalah sosok ayah dari Roro Jonggrang.

Situs ini juga sudah dikukuhkan menjadi Situs Warisan budaya UNESCO sejak tahun 1995. Nah lokasinya ini sangat unik karena berada di bukit dengan ketinggian 196 DPL, jadi sudah terbayang kan keindahan yang ditawarkan?

Baca juga : Keindahan dan tempat Paling Menyenangkan di taman Nasional Komodo

Wisata Kompleks Situs Ratu Baka ini juga sangat cocok untuk dikunjungi sobat yang mungkin akan berbulan madu, kenapa?

Jadi disana terdapat sebuah restoran terbuka yang lokasinya berada di lereng bukit dan menghadap ke Gunung merapi, Gunung Merbabu dan juga Candi Prambanan. 

Saya sarankan ketika Candi Prambanan mengadakan pentas tari sobat dan pasangan dinner di restoran ini karena akan merasakan suasana romantis yang luar biasa, sobat akan menyaksikan keindahan Candi Prambanan dan sorot lampu warna-warni yang menawan. 

Sama seperti di Candi Prambanan di Situs Ratu Baka juga diadakan pentas tari khususnya pada bulan Juni. Pertunjukan seni tari kolosan yang indah dikakukan di Gerbang Masuk Situs Ratu Baka.
Salah satu pesona yang ditawarkan Di Kompleks Situs Ratu baka adalah menikmati sunset
Keindahan Sunset Di Kompleks Situs Ratu Baka


4. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Berwisata sejarah dan budaya di Kediaman Sultan jogjakarta

Salah satu keunggulan wisata di Jogja adalah banyaknya wisata sejarah dan kebudayaan, kebudayaan Jawa yang kental membuat banyak sekali tempat di Jogja yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang berlibur kesana.

Salah satu yang paling populer adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, jika di Inggris Keraton ini bisa dibilang sebagai Istana Buckingham.

Keraton ini sendiri mulai didirikan pada tahun 1755 jadi sekarang sudah berumur 263 tahun, luar biasa bukan? Dang lebih luar biasa adalah hampir semua bagian Keraton masih sama seperti saat pertama kali dibangun. Arsiteknya sendiri adalah Sultan Hamengku Buwono I.

Berkunjung kesini sobat bisa menikmati banyak hal...

Yang pertana jelas sobat bisa hunting foto yang menarik dengan objek bangunan dan kegiatan para Abdi Dalem Keraton, jadi sampai saat ini Keraton ini masih didiami oleh keluarga Kesultanan.

Sebagian Keraton ini sekarang sudah dijadikan Museum yang menyimpan berbagai macam benda milik anggota kesultanan dimasa lalu, ada juga replika senjata pusaka, gamelan, dan barang pemberian kerajaan masa lalu. Dan juga di Keraton ini sering sekali diadakan pentas seni, mulai dari tari sampai wayang kulit.
Salah satu keindahan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah arsitektur bangunannya yang luar biasa
Bangunan Keraton Dari Depan


5. Museum Ullen Sentalu

Berwisata alam sekaligur mengenal lebih dalam budaya Jawa peninggalan kerajaan Mataram

Nah kalau tempat wisata ini saya yakin belum banyak yang tahu, walau eksistensinya belum setenar beberapa tempat wisata diatas bukan berarti objek wisata satu ini jelek. Justru malah sebaliknya...

Perlu sobat ketahui bahwa Museum Ullen Sentalu ini merupakan Museum terbaik se Indonesia menurut pengunjung situs Trip Advisor, sudah terbayang kan kerennya tempat ini?

Museum Ullen Sentalu ini berada di lereng Gunung Merapi, berkunjung ke Museum ini sobat akan langsung disuguhi suasana asri dengan udara nan sejuk. Suhu udara disana berkisar antara 15-24 Derajat Celcius, jadi berasa seperti sedang berwisata di Jawa Barat.

Terlebih lagi lokasinya yang berada di lereng gunung membuat suasananya hening, asri, sejuk dan menyatu dengan alam. Pokoknya recommended sekali bagi sobat yang menyukai wisata budaya sekaligus wisata alam.

Baca juga : 5 Tempat wisata terbaik di Bandung yang wajib di Kunjungi

Predikat Museum terbaik se Indonesia rasanya tidak berlebihan, berkunjung ke sana sobat akan dimanjakan dengan pelayanan kualitas prima dan dilayani juga oleh pemandi wisata yang sangat berpengalaman.

Isi Museum ini sendiri tentang kebudayaan Jawa yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram. Benda koleksinya mulai dari Gamelan dan alat seni lainnya, lukisan tokoh kerajaan Mataram, Batik, Syair, dan masih banyak yang lainnya.

Lelah dan lapar setelah mengikuti tour mengelilingi Museum? Anda tidak perlu pergi jauh untuk melepas penat dan memanjakan lidah karena disana ada Restoran yang bernama Beukenhof dengan berbagai menu andalah yang menggugah selera.

Jadi lengkaplah wisata sobat ketika berkunjung ke Museum Ullen Sentalu, mulai dari mengenal sejarah, budaya, sampai wisata kuliner.
Salah satu keunikan Museum Ullen Sentalu adalah konsep bangunannya yang menyatu dengan alam
Arsitektur Museum Ullen Sentalu Yang menyatu Dengan Alam
Nah itulah lima tempat wisata yang wajib sobat kunjungi ketika berlibur ke Jogja di tahun 2018, semoga bermanfaat dan semoga liburan sobat menyenangkan.


EmoticonEmoticon