Senin, 21 Mei 2018

4 Zat Asin Pengganti Garam yang Menyehatkan

Rasa asin pada garam memang tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan memasak. Bumbu dapur satu ini bisa dikatakan wajib mengisi diberbagai resep masakan.

Namun, garam juga memiliki andil bagian sebagai penyebab beberapa penyakit seperti darah tinggi  juga sering dicap kurang sehat dan bisa menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya darah tinggi dan gangguan fungsi ginjal.

kecap asin


Berikut beberapa zat yang memiliki rasa asin sebagai pengganti garam.

Beberapa alternatif pengganti garam

1.Kecap Asin

Memang kebanyakn kecap yang kita ketahui memiliki rasa manis. Namun, ada pula loh kecap asin yang juga menjadi bumbu penting didapur.

Asin dari kecap ini dihasilkan dari fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi dalam larutan garam.

Meskipun masih memiliki kandungan asin karena dihasilkan dari fermentsi dengan larutan garam, tapi kandungan nya telah berkurang dan cukup efektif sebagai pengganti garam.

2.Margarin

Kadang secara umum wujud dari margarin dan mentega hampir sama. Perlu diketahui margarin memiliki rasa yang asin karena mengandung garam.

Margarin dapat difungiskan sebagai pengganti minyak dan sekaligus pengganti garam. Karena sudah memiliki rasa asin tersendiri yang dikandung oleh margarin.

3.Ikan Asin

Ikan yang diawetkan dengan proses penggaraman ini salah salah satu pengganti garam yang dianjurkan. Karena rasa asin yang didapat dari proses pengawetan tersebut.

Ikan ikan bisa dijadikan taburan dalam masakan kita sebagi pengganti garam. Tentunya masalah atau rebus ikan asin terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri dan larva lalat selama proses pengawetan.

4.Saus tiram

Ibu –ibu sering mengatekan saus tiram sebagai penyelamat rasa masakan . Tahukah kamu rasa saus tiram yang asin didapat dari proses pembuatannya yang memanfaatkan garam.

Ketika menggunakan saus tiram sebenarnya kita sudah menggunakan zat pengganti garam, hal ini dikarekan rasa asin dari saus tiram tersebut.

Itu tadi beberapa zat pengganti rasa asin garam pada masakan. Garam memang sangat dibutuhkan untuk memberi rasa pada masakan. Tapi terlalu banyak garam juga tidak baik. Bahkan ada pula penyakit yang timbul karena kelebihan mengomsumsi garam.

Zat pengganti garam diatas bisa menjadi pertimbangan para ibu-ibu untuk mengurangi garam berlebih pada masakan.


EmoticonEmoticon